BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 16 April 2010

keanekaragaman hayati

1. Adanya perbedaan warna kulit, bentuk hidung, dan betuk rambut yang dimiliki setiap orang merupakan perwujudan dari ….
a. Keanekaragaman hayati
b. Keanekaragaman tingkat gen
c. Keanekaragaman tingkat jenis
d. Keanekaragaman tingkat genus
e. Keanekaragaman tingkat ekosistem
2. Pernyataan yanga benar tentang keanekaragaman tingkat jenis adalah ....
a. Aran, lontar, dan siwalan
b. Mangga kuweni, mangga golek, dan mangga gadung
c. Kelapa sawit dan kelapa kopyor
d. Warna bulu burung parkit
e. Kelapa yang di pantai
3. Keanekaragaman jenis tanaman kelapa, seperti kelapa gading, kelapa kopyor, dan kelapa hijau disebabkan oleh adanya ....
a. Menifestasi keanekaragaman gen
b. Susunan perangnkat gen yang sama
c. Jumlah kromosom yang sama
d. Faktor kebakaan yang diturunkan
4. Manfaat dan tujuan mempelajari keanekaragaman hayati penting artinya dalam bidang ekonomi dan biologi. Bidang biologi penting dalam ...
a. Memperoleh bahan pangan
b. Meningkatkan devisa
c. Menungkatkan pendapatan
d. Meningkatkan kesejahteraan
e. Menjaga keseimbangan ekosistem
5. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki flora Malesiana, tumbuhan yang khas dalam flora Malesiana adalah ....
a. Pohon jati, mahoni, dan matoa
b. Salak, matoa, dan sagu
c. Jagung, padi, dan pohon jati
d. Mahoni, salak dan jagung
e. Durian rambutan, dan matoa
6. Hewan yang merupakan daerah peralihan antara Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur adalah ....
a. Harimau jawa
b. Anoa
c. Cendrawasih
d. Badak bebrcula satu
e. Tapir
7. Berikut ini yang merupakan tumbuhan endemik di hutan-hutan Bengkulu, Sumatra Barat, dan Jambi adalah ….
a. Manilkara kauki (sawo kecik)



b. Raflesia arnoldii ( bunga bangkai)
c. Durio zibentinus (durian)
d. Pometia pinnata (matoa)
e. Mangifera indica (mangga)
8. Jenis-jenis hewan berikut yang hanya dijumpai di daerah Irian Jaya adalah ….
a. Anoa dan beruang
b. Kasuari dan maleo
c. Gajah dan babi hutan
d. Anoa dan cendrawasih
e. Cendrawasih dan kasuari
9. Hubungan kelestarian alam dengan derajad hidup manusia adalah ..
a. Kelestarian alam menjamin baiknya perekonomian
b. Kelestarian alam menunjukkan manusia sudah dapat menghargai alam dan kebutuhan hidupnya terpenuhi tanpa harus merusak alam
c. Alam yang baik manunjukkan tingginya tingkat pendidikan karena manusia sudah mengerti pentingnya alam
d. Tingginya kekayaan alam menunjukkan kekayaan suatu negara
e. Kepedulian lingkungan dapat melampaui batasan negara, sehingga menyatukan umat manusia
10. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan industri berwawasan lingkungan adalah ....
a. Bahan baku dari lingkungan , limbah dibuang ke lingkungan
b. Pengambilan bahan baku tidak merusak lingkungan
c. Proses produksi memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja
d. Mesin yang digunakan aman, ramah lingkungan dan hemat energi
e. Membuat unit pengolah limbah
11. Sistem pertanian dapat mengancam keanekaragaman hayati karena...
a. Dilakukan secara monokultur, artinya hanya menanam satu jenis tanaman
b. Meningkatkan kebutuhan pangan menyebabkan pembukaan lahan baru dari hutan
c. Membutuhkan banyak air, sehingga semua air digunakan untuk mengairi sawah
d. Penggunaan pestisida dapat merusak lingkungan
e. Lahan persawahan menjadi miskin nutrien karena terus-menerus ditanami
12. Pelestarian sumber daya alam hayati secara ex situ contohnya adalah ....
a. Perlindungan komodo di Pulau Komodo
b. Perlindungan bunga bangkai di Bengkulu
c. Kebun plasma nutfah di Cibinong
d. Taman nasional di Ujung Kulon
e. Taman laut di Bunaken
13. Bentuk konservasi yang khusus ditujukan teerhadap tumbuhan dan hewan yang perkembangannya dibiarkan berlangsung secara alami adalah .....
a. Taman nasional
b. Cagar alam
c. Taman hutan raya
d. Taman wisata alam
e. Kebun koleksi
14. Berikut ini yang merupakan usaha pelestarian secara in situ adalah ....
a. Suaka marga satwa di Pulau Komodo
b. Penangkaran hewan liar di kebun binatang
c. Penangkaran hewan liar di di Taman Safari
d. Menetaskan telur burung dengann alat pengeram
e. Penangkaran jalak bali di luar negeri
15. Tujuan mengklasifikasikan makhluk hidup adalah ....
a. Mencari perbedaan organisme
b. Mencari persamaan organisme
c. Mengenali lebih baik organisme
d. Mempermudah mempelajari organisme
e. Menentukan ciri-ciri organisme
16. Pernyataan yang paling benar tentang klasifikasi, semakin tinggi tingkat takson maka ....
a. Anggotanya semakin sedikit, tetapi persamaan ciri semakin banyak
b. Anggotanya semakin banyak, tetapi persamaan ciri semakin sedikit
c. Anggotanya semakin banyak, dan persamaan ciri semakin banyak
d. Anggotanya semakin sedikit, dan persamaan ciri semakin sedikit
e. Anggotanya semakin sedikit, dan perbedaan ciri semakin banyak
17. Kalsifikasi filogenik adalah sistem klasifikasi yang menggunakan dasar .....
a. Persamaan dan perbedaan ciri tubuh secara menyeluruh
b. Sifat-sifat anatomi yang mudah diamati
c. Perbedaan ciri tubuh secara menyeluruh
d. Hubungan kekerabatan antar takson ditinjau dari perkembangan evolusi
e. Persamaan ciri tubuh secara menyeluruh
18. Tumbuhan tebu diberi nama ilmiah Sacharum officinarum sedangkan gelagah diberi nama Sacharum spontaneum, ini menunjukkan bahwa tumbuhan tersebut adalah .....
a. Spesiesnya sama, genusnya berbeda

b. Genusnya berbeda, spesiesnya berbeda
c. Genusnya sama, spesiesnya berbeda
d. Genusnya sama, sukunya berbeda
e. Sukunya sama, spesiesnya sama
19. Urutan klasifikasi tumbuhan yang benar dari tingkatan yang tinggi ke tingkatan yang rendah adalah ....
a. Divisio – ordo – kelas – genus – familia – spesies
b. Filum – kelas – ordo – familia – spesies – genus
c. Divisio – kelas – ordo – familia – genus – spesies
d. Filum – kelas – ordo – genus – spesies
e. Divisio – ordo – familia – kelas – genus – spesies
20. Penulisan nama yang pali ng benar menurut tatanama ganda dari tanaman kentang adalah .....
a. Solanum Tuberosum
b. solanum tuberosum
c. solanum Tuberosum
d. Solanum tuberosum
e. solanum tuberosum

0 komentar: